Kamis, 18 Oktober 2012

Pelatihan Dasar HACCP bertema "Food Safety"





      Himpunan Keprofesian Agribisnis Faperta Unpad bekerja sma dengan LPPM Unpad menyelenggarakan pelatihan dasar HACCP (Hazard Analaysis & Critical Control Points) dengan bertemakan food Safety System" dengan narasumber Eddy Renaldi, SP.,ME , DR. Tomy Perdana,SP.,MM. dan Trisna Insan Noor, Ir.,DEA. bagi mahasiswaAgribisnis di lingkungan Faperta Unpad pada 13-14 oktober 2012 pukul 09.00-16.00 WIB, bertempat di gedung LPPM Unpad Jl. Banda No. 40 Bandung.
    Maraknya isu mengenai kesehatan semkain membuat seseorang peduli tehadap perihal keamanan pangan. Kemanan dan higienitas merupakan suatu hal yang berbeda namun tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Keamanan pangan merupakan kondisi dan praktek yang dilakukan untuk menjaga kualitas produk dari kontaminasi dan penyakit yang dibawa oleh makanan, sedangkan higienitas merupakan kondisi dan praktek yang membantu untuk mempertahankan kesehatan dan mecgah adanya penyebaran kuman penyakit, hal-hal tersebut yang dapat dijadikan latar belakang terselenggarakannya pelatihan HACCP ini.
     Pada hari pertama pelaksanaan pelatihan HACCP ini, diisi dengan pemaparan oleh narasumber mengenai latar belakang Food Safety dan setelah itu langsung dilakukan pembagian kelompok untuk melakukan simulasi yang berdasar pada materi yang telah didapatkan oleh para peserta. Pada hari terakhir pelatihan ini ditutup dengan materi dan workshop mengenai prinsip-prinsip dari "Food Safety" yang menjadi tema dari pelatihan HACCP ini. Meskipun pelatihan HACCP ini hanya diikuti oleh 29 peserta dari total 40 peserta yang ditargetkan, akan tetapi hal itu tidak mengurangi semangat peserta dan panitia untuk tetap sma-sama mensukseskan pelatihan ini. Melalui hasil kuisioner yang kami berikan kepada para peserta pada saat terakhir pelatihan pelatihan, memperlihatkan bahwa para peserta cukup puas dengan acara yang telah kami selenggarakan. Harapan setelah diadakannya pelatihan ini, semoga peserta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang terkait dengan food safety yang menjadi isu hangat akhir-akhir ini dan juga apa yang didapatkan oleh peserta dari eplatihan ini bisa bekal bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja . NURUL WULAN SHOLIHAH AGRIBISNIS 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar