Sabtu, 08 September 2012

Silabus Mata Kuliah Lab. Sosiologi


Bingung mau ngambil mata kuliah apa aja semester ini atau semester depan ?
Atau bingung sama mata kuliah yang kamu pilih, ngapain sih belajarnya ?
Gak perlu panggil dora atau panggil doraemon untuk tau semua itu. baca aja disini. Semoga beberapa tulisan ini mampu ngejawab semua yang kamu kepo-in tentang mata kuliah. Akang euceu, mangga !
1. Sosiologi Pertanian
Mata kuliah ini diambil pada semester 2, membahas tentang peran sosiologi dalam pembangunan pertanian, masyarakat dan kebudayaan pertanian (baik di pedesaan maupun perkotaan). Struktur dan proses sosial masyarakat pertanian, karakteristik pelaku agribisnis, stratifikasi sosial masyarakat pertanian, kelembagaan pertanian, perubahan sosial dan lingkungan, modernisasi dan tranformasi pertanian, hingga metode pendekatan pembangunaan pertanian.
2. Sosiologi Pedesaan
Mata kuliah ini diambil pada semester 3, mempelajari ruang pedesaan dan masyarakat pedesaan. Dalam ruang pedesaan selain mempelajari tatanan normative yang mengatur institusi desa juga kesuburan alam meliputi bentang alam (tofografi), iklim dan kesuburan tanah, serta orbitasi, sarana dan prasarana. Kajian pada masyarakat desa menunjukan kepada perilaku masyarakat desa, mata pencaharian dan pendapatan, metodologi pengkajian masyarakat desa dan metode pendekatan pembangunan masyarakat desa.
3. Penyuluhan
Mata kuliah ini diambil pada semester 6, mempelajari tentang sejarah ilmu teori dan filsafatpenyuluhan, paradigm penyuluhan, penyuluhan sebagai proses pendidikan, penyuluhan sebagai proses komunikasi, dan sebagai proses adopsi. Difusi inovasi dan proses pemberdayaan petani, manajemen inovasi dan proses perubahan sosial, program penyuluhan dan monitoring dan evaluasi.
4. Demografi
Mata kuliah ini diambil pada semester 4, merupakan bagian integral dalam struktur kurikulum di program studi agribisnis. Pada mata kuliah ini kan dibahas sebagian pengertian/konsep pokok kependudukan dan demografi, determinan-determinan penduduk, persoalan ketenaga kerjaan, proyeksi dan implikasi pertumbuhan penduduk terhadap pembangunan pertanian , dan isu-isu serta kebijakan kependudukan di Indonesia. Mata kuliah ini berusah sejauh mungkin menghubungkan pokok bahasan dengan realitas, disertai penggunaan data-data/informasi actual yang dipergunakan untuk memahami secara nyata isu-isu kependudukan/demografi.
5. Home Ekonomik
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan , embahas perilaku individu dan keluarga dari sudut pandang teori ekonomi, sosiologi, budaya, komunikasi, hokum, gender, lingkungan, dan tekhnologi yang mempengaruhi kesejahtraan individu dan keluarga. Pembahasan dititik beratkan pada teori, konsep dan aplikasi yang berkenaan dengan prilaku keluarga dalam hal konsumsi, produksi rumah tangga, tabungan , pengelolaan sumberdaya manusia. Tekhnologi pengolahan rumah tangga, pembagian kerja dalam keluarga dan apspek sosio budaya keluarga.
6. BEDP 3
Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan berbagai pendekatan dan alat analisa dalam proyek-proyek pembangunan serta berbagai alat analisa dan metode pemberdayaan masyarakat. Pengantar (building block/framework/guideline) terhadap proyek yang akan dibuat, serta penerapan berbagai metode dan alat analisa perencanaan hingga monitoring dan evaluasi dalam proyek pembangunan ( yang telah dipelajari dalam kuliah wajib pendukung lain) menjadi fokus dalam perkuliahan 1 SKS dalam mata kuliah ini. Dua SKS praktikum adalah studi mandiri mahasiswa secara berkelompok dalam menyelesaikan tugas proyek mereka. Secara teknis, simulasi pengelolaan proyek pembangunan ini juga dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak kompoter. Di akhir perkuliahan mahasiswa berkewajiban menyerahkan dua tugas besar berupa analisa atas sebuah proyek pembangunan dan laporan atas simulasi penggunaan perangkat lunak computer. Mata kuliah ini diambil pada semester 6.
7. Komunikasi Agribisnis
Mata kuliah ini pada semester 5, membahas ruang lingkup komunikasi (source – massage – channel – receiver) yang dipergunakan dalam aktifitas permainan. Pembahasan dititik beratkan pada teori, konsep dan aplikasi komunikasi manusia secara interpersonal dan interpersonal untuk adopsi inovasi, komunikasi untuk bisnis pertanian, komunikasi dalam kelompok kecil, komunikasi dalam organisasi pertanian, komunikasi antarbudaya pertanian, yang dikaitkan dengan variabel demografi (usia, jeniskelamin, pendidikan, pendapatan, luas dan status pemilikan lahan), variabel geografi (dataran tinggi, lahan kering, sawah, pantai) variabel psikologi (gaya hidup) dan variabel sosio budaya.
8. Kelembagaan Agraria
Mata kuliah ini merupakan kuliah pilihan, memberikan pemahaman tentang ketentuan pokok, landasan hokum serta tinjauan historos hokum agrarian, politik agrarian nasional, kelembagaan hak-hak atas tanah. Tata cara memperoleh dan peralihannya, pendaftaran, pengadaan dan pencabutan hak atas tanah nilai ekonomi tanah, masalah-masalah pertanahan yang berkembang masa sekarang terkait dengan pemukiman, pembangunan infrastruktur, pembangunan industry dan perdagangan, model mpembangunan agrarian (land reform dan land use planning) sebagai landasan pembangunan pertanian.
9. Pemberdayaan
Mata kuliah ini diambil pada semester 5, diarahkan pada latar belakang pentingnya pemberdayaan, paradiga pendekatan partisipatif dalam pemberdayaan masyarakat, konsep modal sosial, actor/agent/steakholder dalam pemberdayaan masyarakat, program-program pengenmabgan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, kapasiti building (penguatan modal sosial, perlindungan sosial, tanggung jawab sosial dan kecerdasan sosial), manajemen pelatihan dan pendampingan, serta alat analisis pemberdayaan dari mulai analisa permasalahan, perancangan dan perencanaan, manajemen perubahan, serta monitoring dan evaluasi.
10. Dinamika Organisasi Kelompok
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan, memberikan pemahaman tentang sistem organisasi (tujuan, filosifi, sifat), struktur organisi (jenjang hirarkhis, stuktur tugas, rentang kendali, wewenang dan kekuasaan, status dan prestasi, jarak sikologis), serta individu-individu dalam organisasi (motivasi, sikap mental, kapasitas kemampuan, persepsi peranan dan temperamen)
11. Media Komunikasi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan, membahas tentang konsep dasar media komunikasi visual dan non visual baik yang di proyeksikan serta cara pembuatan dan penggunaanya untuk menunjang kompetensi di dalam melaksanakan tugas komunikasi pertanian. selain itu juaga membahas pembuatan media display computer dan cara penggunaan media komunikasi seperti media cetak, media siaran, foto, media audio visual, film dan media elektronik seperti video dan televise. Pemanfaatan keunggulan setiap media komunikasi dan desain media komunikasi yang dipakai dalam penyuluhan komunikasi pertanian dan komunikas bisnis secara individual maupun kelompok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar