Sabtu, 08 September 2012

Silabus Mata Kuliah Lab. Agribisnis dan Lab. Ekonometrika


Bingung mau ngambil mata kuliah apa aja semester ini atau semester depan ?
Atau bingung sama mata kuliah yang kamu pilih, ngapain sih belajarnya ?
Gak perlu panggil dora atau panggil doraemon untuk tau semua itu. baca aja disini. Semoga beberapa tulisan ini mampu ngejawab semua yang kamu kepo-in tentang mata kuliah. Akang euceu, mangga !
1. Sistem Agribisnis/Agribusiness System (ABS)
• Sistem Agribisnis 3 (2-1)
Mata kuliah ini diberikan pada semester 2, membahas pengertian agribisnis, ruang lingkup agribisnis, agribisnis sebagai suatu sistem, menjelaskan sub sistem-sub sistem dalam sistem agribisnis serta keterkaitannya secara fungsional dan struktural, termasuk di dalamnya dibahas kelembagaan dan perannya dalam sistem agribisnis. Pada mata kuliah ini dibahas pula mengenai implementasi fungsi manajemen pada bidang agribisnis walaupun sifatnya umum dan tidak mendalam seperti manajemen teknologi agribisnis, manajemen resiko agribisnis. Dibahas pula model-model kemitraan, serta kasus-kasus agribisnis berbasis komunitas yang berkembang di masyarakat agribisnis Indonesia.
• Pemasaran Agribisnis 3 (2-1)
Mata kuliah ini diberikan pada semester 3, membahas mengenai pengertian pemasaran dan kedudukan dalam ruang lingkup agribisnis, fungsi-fungsi pemasaran, lembaga pemasaran, perilaku harga, biaya, dan efisiensi pemasaran, bentuk pasar, pasar, future market & hedging, perilaku konsumen , kebijakan pemasaran pertanian. Perencanaan pemasaran, pentingnya strategi pemasaran kaitannya dengan segmen pasar, target pasar, dan positioning produk.
• Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis
Mata kuliah ini diambil pada semester 4, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang teori dasar manajemen strategi dan kebijakan bisnis, penerapan manajemen strategi dalam pengembangan agribisnis pada tingkat korporasi dan tingkat makro serta memberikan kemampuan dasar dalam perancangan strategi pengembangan bisnis. Materi yang diberikan terdiri atas konsep dasar manajemen strategi dan kebijakan bisnis, tata pamong korporasi dan tanggung jawab sosial, analisa lingkungan dan industrial, analisa internal, analisa situasi dan strategi bisnis, formulasi strategi: strategi korporasi, formulasi strategi:strategi fungsional dan pilihan strategik, implementasi strategi: pengorganisasian untuk aksi, implementasi strategi: pengaturan dan arahan staf, evaluasi dan pengendalian, isu strategik dalam pengelolaan teknologi dan inovasi, isu strategik dalam kewirausahaan dan usaha kecil serta keunggulan bersaing kawasan.
• Pengelolaan Pasca Panen 3 (2-1)
Mata kuliah in idiambil pada semester 5, memberikan pemahaman tentang hubungan antara sifat-sifat biologis biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan dengan teknologi pasca panennya. Memahami prinsip dan cara-cara penanganan pasca panen biji-bijian, sayur, dan buah.
• Teknologi Hasil Pertanian 2 (1-1)
Mata kuliah ini diambil pada semester 6, memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip pengolahan hasil pertanian, sortasi, grading, pereduksi ukuran, separasi, pengeringan, pendinginan, pengemasan, dan penyimpanan.
• Industri Perbenihan 2 (1-1)
Ruang lingkup, permasalahan perbenihan, orientasi pengembangan industry benih, manajemen perakitan kultivasi, manajemen produksi benih, manajemen pengolahan benih, manajemen teknologi industri benih, analisa perilaku dan trend konsumen benih, manajemen pemasaran dan distribusi benih, kelembagaan pendukung industry benih.
• Industri Ritel Modern 2 (1-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah penciri PS. Agribisnis Unpad, diberikan pada semester 7. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari tentang pertumbuhan ritel modern dan proses modernisasi pada sistem pasar produk pertanian, khususnya pada industry makanan. Materi perkuliahan juga akan diperkaya dengan pemahaman terhadap pentingnya produk pertanian yang berkualitas tinggi dengan pasokan yang kontinyu, terjamin, dan sehat, juga dipelajari tentang rantai pasok pada produk-produk pertanian.
• Manajemen Rantai Pasok 2 (1-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan di PS. Agribisnis, memberikan pemahaman utuh tentang membangun suatu kerangka strategik untuk menganalisis rantai pasokan, memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mendesain jaringan rantai pasokan, memberikan pemahaman dan keterampilan dalam merencanakan permintaan dan pasokan dalam suatu rantai pasokan, memberikan pemahaman dan keterampilan dalam merencanakan dan mengelola persediaan dalam rantai pasokan, memberikan pemahaman tentang pengadaan, transportasi, dan penetapan harga produk, memberikan pemahaman dalam melakukan koordinasi dan teknologi dalam rantai pasokan, memberikan pemahaman tentang praktek-praktek terbaik implementasi manajemen rantai pasokan dalam pengembangan agribisnis.
• Agribisnis Tanaman Pangan 3 (2-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas sistem agribisnis pada tanaman pangan mulai dari sub sistem pengadaan sarana produksi, teknik budidaya, prosesing, dan pemasaran, penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola komoditas tanaman pangan, peran sub sektor tanaman pangan terhadap perekonomian nasional, model-model pengembangan komoditas tanaman pangan, kebijakan dan kelembagaan yang terlibat dalam pengembangan komoditas tanaman pangan.
• Agribisnis Tanaman Hortikultura 3 (2-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas sistem agribisnis pada tanaman hortikultura mulai dari sub sistem pengadaan sarana produksi, teknik budidaya, prosesing, dan pemasaran, penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola komoditas tanaman hortikultura, peran sub sektor tanaman hortikultura terhadap perekonomian nasional, model-model pengembangan komoditas tanaman hortikultura, kebijakan dan kelembagaan yang terlibat dalam pengembangan komoditas tanaman hortikultura.
• Agribisnis Tanaman Perkebunan 3 (2-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas keragaan sistem agribisnis pada tanaman perkebunan mulai dari sub sistem pengadaan, teknik budidaya, prosesing dan pemasarannya. Juga dibahas peran sub sektor perkebunan terhadap perekonomian nasional, model-model pengembangan agribisnis perkebunan dan manajemennya seperti PTP, PIR, PIR Trans, dsb. Dibahas pula kasus-kasus berdasarkan pendekatan komoditas, karena komoditas perkebunan bersifat sangat khas, juga kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah serta kelembagaan yang terlhiat dalam pengembangan komoditas perkebunan tersebut.
• Manajemen Pemasaran Internasional 2 (1-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai lingkungan budaya pada pasar global agribisnis, penilaian peluang pasar global untuk agribisnis, perkembangan dan implementasi strategi marketing global agribisnis dan pada akhirnya mahasiswa dapat merumuskan dan membuat rencana sebuah pemasaran internasional agribisnis. Pemasaran internasional dilakukan untuk menentukan keunggulan bersaing berdasarkan isu global dan mendeskripsikan konsep-konsep yang relevan untuk semua pemasar internasional, serta keterlibatannya secara internasional. Isu yang diangkat berkembang dari persaingan saat ini, perubahan struktur pasar, etika dan tanggung jawab sosial, dan negosiasi bisnis.
2. Program Pengelolaan Usaha/Bussiness Management Program (BMP)
• Matematika
Mata kuliah ini diambil pada semester 1, difokuskan pada kajian matematika utnuk ilmu-ilmu sosial dan ekonomi. Materi yang dipelajari terutama dititikberatkan pada sistem bilangan, matriks, diffrensial, integral, macam-macam fungsi, deret, bunga bersusun, bunga majemuk, anuitas, matriks, vektor, model linear secara umum, program liniear dua variabel dan lebih dari dua variabel.
• Dasar Manajemen 2 (1-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar di Program Studi Agribisnis, diikuti pada semester 1. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mengenai konsep dasar manajemen dan penerapannya dalam agribisnis. Materi yang diberikan dalam mata kuliah ini terdiri atas manajer dan manajeme, prinsip perencanaan, prinsip pengambilan keputusan, dasar desain organisasi, manajemen sumber daya manusia, mengelola perubahan, stress dan inovasi, prinsip perilaku individual dan kelompok, memahami kerja tim, memotivasi dan menghargai karyawan, kepemimpinan dan kepercayaan, komunikasi dan interpersonal skill, prinsip pengendalianm serta manajemen operasi.
• Akuntansi 3 (2-1)
Mata kuliah ini diberikan pada semester 2, yang membahas mengenai pengertian, manfaat, informasi akuntansi sebagai “business language”. Selain itu juga dibahas mengenai teknik membuat laporan keuangan perusahaan secara komprehensif (balance sheets, income statement, serta capital statement) yang diturunkan mulai dari transaksi-transaksi yang terjadi pada perusahaan, dilanjutkan kegiatan posting ke berbagai rekening, baik melalui jurnal umum maupun jurnal khusus. Mata kuliah ini sifatnya sangat teknis dan konvensional, tunduk pada prinsip-prinsip akuntansi umum yang diakui secara internasional.
• Apresiasi ICT 1 (0-1)
Mata kuliah ini diambil pada semester 2. Mahasiswa didorong untuk bekerja dan berkreasi secara terbuka dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Karya bidang ICT ini hanya ditampilkan di depan publik, baik dalam bentuk perlombaan, pameran, dan bentuk lainnya. Karya ICT ini sedapat mungkin diarahkan pada aplikasi ICT dalam bidang pertanian.
• Manajemen Produksi dan Operasi 3 (2-1)
Mata kuliah ini diambil pada semester 3, yang membahas aktivitas transformasi (produksi dan analisis proses), memberikan pemahaman dari penggunaan input (modal, tenaga kerja, dan material) untuk menghasilkan output (barang dan jasa). Fokus pembahasan dalam mata kuliah ini adalah proses perencanaan produksi (kapasitas, lokasi, proses produksi, tata letak, pengukuran kerja, rencana operasi, persediaan, dan kebutuhan material), serta pengawasan/pengendalian (kualitas, jaminan mutu, pemeliharaan keandatan, biaya produksi dan persediaan).
• Pembiayaan Agribisnis 3 (2-1)
Mata kuliah ini diberikan pada semester 3, membahas mengenai pengertian, fungsi/peran, dan tujuan manajemen pembiayaan/keuangan dan segala aspek yang menyangkut pembiayaan perusahaan secara umum dan agribisnis secara khusus. Selain itu dibahas pula mengenai sistem moneter di Indonesia, bisnis perbankan, masalah perkreditan, serta skirn kredit dalam bidang agribisnis, serta berbagai lembaga keuangan bukan bank. Pada akhirnya diperkenankan beberapa teknik analisis memahami kondisi keuangan perusahaan misalnya analisis ratio, analisis sumber, dan penggunaan modal, serta analisis nilai waktu dan uang.
• Manajemen Usaha Tani Berskala Kecil
Mata kuliah ini diberikan pada semester 3, mengkaji mengenai pengertian usaha tani, faktor produksi usahatani dan unsur usahatani (tritunggal usahatani). Selanjutnya dibahas bentuk, tipe dan model pengelolaan usahatani, hukum ekonomi yang diterapkan dalam usahatanu, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usahatani, fungsi-fungsi manajemen dalam usahatani, analisis biaya dan pendapatan usahatani, pembukuan usahatani serta kebijakan pemerintah dalam pengembangan usahatani di Indonesia. Dalam pembahasan materi kuliah mahasiswa diberikan contok kasus-kasus usahatani.
• Manajemen Sumberdaya Manusia 2 (1-1)
Mata kuliah ini diberikan pada semester 4, yang mebahas persoalan sumberday amanusia dari aspek mikro (organisasi, perusahaan) maupun dalam aspek makro (kependudukan). Adapun pokok bahasannya meliputi konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia, analisis kebutuhan kerja dan analisis jabatan, perencanaan tenaga kerja, rekrutmen, seleksi, dan penempatan. Pengembangan karyawan, pendisiplinan karyawan, evaluasi kinerja karyawan, sistem kompensasi kerja, analisis konflik dan integrasi karyawan, audit personalia, analisis pemutusan hubungan kerja, perencanaan sumberdaya manusia, analisis tingkat ketergantungan penduduk, tingkat partisipasi tenaga kerja, tingkat pengangguran dan tingkat kesejahteraan karyawan secara sektoral maupun regional.
• Riset Operasional dan Analisis Pengambilan Keputusan 3 (2-1)
Mata kuliah ini diambil pada semester 4, memberikan pemahaman tentang hakekat pengambilan keputusan dan riset operasional, pemecahan masalah dan sistematikanya, serta aplikasinya. Beberapa model dan metode pengambilan keputusan, serta aplikasinya dan beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Dalam mata kuliah ini dipelajari juga model pengambilan keputusan kualitatif dengan model heuristic dan model pengambilan keputusan secara kuantitatif meliputi linear programming, teori dualitas & analisis kepekaan, model jaringan, transportasi, PERT, DPM, decision tree, dan teori antrian.
• Sistem Informasi Manajemen 2 (1-1)
Kuliah ini merupakan kuliah pilihan, memberikan pemahaman tentang konsep sistem dan informasi, digital firm, aplikasi SIM, decision support system, analisis dan desain sistem, otomatis kantor, computer based information system dan enterprise resource planning. Pengetahuan-pengetahuan ini akan diterapkan pada bidang-bidang usaha pertanian.
• Koperasi Agribisnis 2 (1-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas pengertian dan azas-azas ata sendi dasar koperasi dengan bentuk kerjasama lainnya, struktur organisasi koperasi primer dan sifatnya, tingkat koperasi sekunder, dekopin dan perannyam kegiatan usaha koperasi, permodalan dan sumber modal koperasi, laporan keuangan serta interpretasinya, kebijaksanaan pemerintah terhadap koperasi baik yang bersifat umum maupun pola khusus KUD, pembinaan koperasi dan teknik pembinaannya, kriteria keberhasilan koperasi/KUD dan langkah pendirian koperasi serta syarat-syarat mendapatkan badan hukum koperasi. Dalam pembahasan materi perkuliahan diambil kasus-kasus koperasi dalam lingkup agribisnis.
• Pembiayaan Syariah 2 (1-1)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas model lembaga pembiayaan alternatif berbasis syariah. Dibahas mengenai menu-menu yang diperkenalkan perbankan syariah yang ditawarkan perbankan dan implementasinya dimasyarakat dan respon masyarakat terhadap skrim kredit syariah.
3. Program Pengembangan Bisnis dan Lingkungan/Bussines and Enabling Environment Develompent Program (BEDP)
• BEDP I (Perencanaan Usaha) 3 (1-2)
Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun perencanaan usaha proyek-proyek swasta. Mata kuliah ini terdiri dari 1 SKS perkuliahan yang memberikan pola dasar (building block/framework/guideline) atas proyek yang akan direncanakan serta review pengetahuan analisa kelayakan dan penyusunan rencana bisnis. Pengetahuan detail keilmuan dasar tersebut dipelajari pada mata-mata kuliah pendukung wajib yang lain. Dua SKS praktikum terdiri atas penyusunan analisis kelayakan dan penyusunan rencana bisnis yang siap diajukan kepada pihak pemodal. Perkuliahan ini adalah studi mandiri (independen) mahasiswa (bekerja dalam kelompok) dengan pembibingan dosen. Diakhir perkuliahan, mahasiswa berkewajiban menyerahkan tugas besar berupa analisis kelayakan proyek dan rencana bisnis/usaha yang akan dikembangkan. Mata kuliah ini diambil pada semester 4.
• BEDP II (Pengelolaan Usaha) 3 (2-1)
Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan proyek-proyek swasta. Mata kuliah ini terdiri atas 1 SKS perkuliahan yang memberikan pola dasar (building block/framework/guideline) atas proyek yang akan dilaksanakan, serta review pengetahuan ilmu manajemen proyek dan penggunaan perangkat lunak komputer. Dua SKS praktikum merupakan simulasi penggunaan perangkat lunak komputer dalam pengelolaan proyek swasta. Perkuliahan ini adalah studi mandiri mahasiswa (bekerja dalam kelompok) dengan pembimbingan dosen. Di akhir perkuliahan, mahasiswa berkewajiban menyerahkan satu laporan (tugas besar) atas proyek yang dilaksanakan dan simulai penggunaan perangkat lunak komputer yang dilakukan. Mata kuliah ini diambil pada semester 5.
• BEDP III (Pengembangan Masyarakat) 3 (2-1)
Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan berbagai pendekatan dan alat analisa dalam proyek-proyek pembangunan serta berbagai alat analisa dalam proyek-proyek pembangunan serta berbagai alat analisa dan metode pemberdayaan masyarakat. Pengantar (building block/framework/guideline) terhadap proyek yang akan dibuat, serta penerapan berbagai metode dan alat analisa perencanaan hingga monitoring dan evaluasi dalam proyek pembangunan (yang telah dipelajari dalam mata kuliah wajib pendukung lain) menjadi fokus dalam perkuliahan 1 sks dalam mata kuliah ini. Dua SKS praktikum adalah studi mandiri mahasiswa secara berkelompok dalam menyelesaikan tugas proyek mereka. Secara teknis, simulasi pengelolaan proyek pembangunan ini juga dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Diakhir perkuliahan berkewajiban menyerahkan dua tugas besar berupa analisia atas sebuah proyek pembangunan dan laporan atas simulasi penggunaan perangkat lunak komputer. Mata kuliah ini diambil pada semester 6.
• BEDP IV (Inovasi Agribisnis) 3 (2-1)
Mata kuliah ini mendorong mahasiswa menyusun sebuah proyek, usaha atau pengembangan produk dan proses yang memiliki muatan inovasi dan kreativitas, dalam arti menciptakan nilai (value) atas sesuatu yang baru atau menambah nilai dari sesuatu yang sudah ada. Aspek kelestarian (sustainability) dari proyek/usaha secara teknis, ekonomis, lingkungan dan sosial budaya adalah juga faktor yang ditekankan dalam tugas mata kuliah ini. Satu SKS perkuliahan adalah pengantar terhadap kerangka proyek/usaha yang akan dibuat. Di akhir masa perkuliahan, mahasiswa diharuskan untuk menyerahkan sebuah tugas besar yang merupakan analisa terpadu (secara kreatif dan inovatif) dalam perancangan dan pengelolaam sebuah aktivitas proyek atau usaha agribisnis. Mata kuliah ini diambil pada semester 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar