Kamis, 28 Maret 2013

Latihan Dasar Keprofesian Agriversity 2013





Rangkaian  kegiatan Latihan Dasar Keprofesian Agriversity 2013, akhirnya ditutup pada 17 Maret 2013. Setelah sebelumnya pada tanggal 2 Maret diadakan pelatihan mengenai presentasi dan bisnis, serta dilanjutkan kegiatan bazaar pada 13 Maret di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Semua kegiatan tersebut mengarah pada satu kegiatan terakhir, yaitu kemah bersama pada tanggal 16 – 17 Maret 2013 di Komplek Bumi Perkemahan Kiara Payung, menjadi sebuah penutup yang sangat hangat dan meriah. “Menciptakan generasi yang berasaskan kekeluargaan antar angkatan di program studi Agribisnis serta memiliki jiwa entrepreneurship  adalah hal yang mendorong dilaksanakannya kegiatan dengan tema FREE kali ini” tutur Ridwan selaku ketua pelaksana Agriversity 2013 ini.
Kegiatan dimulai pada tanggal 16 Maret 2013 di Plaza Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Peserta dikumpulkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat perkemahan. Dengan barang bawaan yang lengkap untuk menemani mereka selama 2 hari 1 malam di Kiara Payung, peserta dan panitia pun berangkat pada pukul 08.00 dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, terdapat beberapa peserta yang mengeluh kecapean, namun hal tersebut tidak menghentikan langkah mereka untuk tetap mengikuti kegiatan ini. Tim medic tidak mengalami masalah yang berarti, peserta sampai di tempat tujuan dengan semangat.

Suasana Pos to Pos

Pos to pos pengenalan Himpro Agribisnis akhirnya dimulai, para peserta dibagi menjadi lima klouter yang masing – masingnya terdiri dari dua kelompok untuk ditempatkan di masing – masing pos sebelum nantinya dibawa ke pos – pos selanjutnya. Walaupun hujan datang, para peserta dan panitia tetap menjalankan kegiatan pos to pos dengan semangat. Berbekalkan paying dan jas hujan, mereka menerobos hujan dan mendengarkan seluruh materi pengenalan masing – masing bidang di tubuh Himpro Agribisnis. Pukul 18.00 kegiatan berakhir dan dilanjutkan dengan pemberian motivasi sebelum nantinya kembali ditampilkannya dance cover oleh kelompok yang tersisa. Eksekusi surat cintapun dimulai setelah semua kegiatan sebelumnya berakhir, dan pemenang surat terbanyak adalah Kang Said Mahmud Azmi. “Hahahaha gue ga nyangka banget bakal dapet surat sebanyak ini” kata Said sambil diselingi candaan.
Malam semakin larut, penampilan angkatan berjalan dengan meriah. Namun tetap saja tidak mengurangi rasa lelah yang terpancar dari raut wajah para peserta. Setelah penampilan angkatan, peserta dikondisikan di lapangan belakang aula, mereka berbaris melingkar mengelilingi api unggun. Saat suasana mulai hening, dengan beberapa patah kata dari panitia yang bertanggung jawab. Disungguhkanlah atraksi terakhir sebagai penutup kegiatan sabtu itu, balon udara penuh coretan mimpi diterbangkan ke angkasa dan berhasil memukau para peserta, panitia, dan seluruh mata yang menyaksikan moment tersebut. Sebuah penutup yang indah, walaupun terdapat beberapa hal yang diluar perkiraan, namun momen tersebut pasti akan terekam di memori masing – masing individu yang menyaksikannya.


 
Kegiatan Outbond

Keesokan harinya, pada Minggu 17 Maret 2012, diadakan outbond yang terbagi menjadi lima permainan, dimana masing – masing permainan bertujuan untuk melatih kemampuan dasar para peserta. Setelah menguras tenaga dalam outbond, peserta dipersilahkan beristirahat sembari disajikan video kegiatan yang telah mereka lalui, gemuruh canda dan tawa memenuhi gedung aula. Setelah semua berhenti, mereka kembali dikondisikan untuk melakukan perjalanan ke Fakultas Pertanian Unpad. Ditutup dengan doa, cas dan penyematan syal, jabat tangan serta pelukan menjadi pemanis dipenghujung acara Latihan Dasar Keprofesian, Agriversity 2013.

Regina Vrischika
Photo: Doc. Panitia Agriversity 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar